Sabtu, 21 Juni 2014

Angsa (White Asian Swan / Cygnus cygnus)

Ini pertama kali aku mengembangbiakan/memelihara angsa, sebenarnya yang senang memelihara angsa itu ayah, aku hanya membantu memberi makan saja.
aku pribadi senang sekali memelihara hewan seperti landak mini, sugar glider, kelinci fuzzy lop, ayam kate dst.
Banyak yang aku belum ketahui tentang si angsa ini, seperti ketika mereka marah, yah semua tau kalau "galaknya" angsa dengan menyosor dengan suara menyaring, taukah kalian bahwa angsa bila marah itu mendesis seperti ular? yup saat mendesis artinya mereka sangat terancam.
aku sendiri saat pertama kali ingin memelihara angsa sangat takut, tapi aku ingat saat memelihara hewan hewan yang sama persis galaknya. semakin takut, semakin berani mereka.
ditambah lagi apabila kita takut, mereka tau kelemahan kita dan melakukan hal serupa lagi waktu kita ingin berinteraksi, jadi usahakan berani.
ibu, dan kedua adik ku juga takut sama angsa yang ayah pelihara. tetangga pun kalau lewat pagar pasti lari terbirit birit hanya mendengar suara angsa, setiap memberi makan angsa serasa sedang bersirkus (tetangga selalu nongkong di pagar bersama anak2 mereka hahaha)

Sudah sekitar menunggu 3 bulanan akhirnya sepasang angsa bertelur 4 butir, yang pertama dua butir di pojokan kebun, yang kedua dipojokan juga dan ketiga di kandang.




nah ini telurnya



aku kurang paham dia bertelur dan mengeramnya bagaimana, tiba tiba bertelur dipojokan pagar. akhirnya telurnya diambil dan ditaruh dikandang, sayangnya si angsa malah tidak mau mengeram di kandang. hiks!
akhirnya aku memaksa ayah untuk memaksa si angsa mengeram, sebenarnya kurang baik bila memaksa angsa dikurung dalam kandang, tapi keesokan harinya si angsa malah bertelur satu lagi. gak tau harus senang apa nggak, soalnya si angsa benar benar enggan mengeram. pilihannya telur telurnya menetas atau membusuk T.T



ini induknya
penantian si induk benar benar dewasa dan bisa bertelur itu sangat aku nanti nanti, dan ternyata membuat sitelur itu menetas itu susah 




fasilitas tempat minum sekaligus tempat mandinya
aku pikir angsa hanya perlu minum, dan ternyata jam 4-5 pagi mereka mandi bergantian :)))





tempat makannya
kalian pikir ini tempat semen ? yup emang bekas tempat semen haha
makanan si angsa sendiri hanya dedek dan makanan yang kelebihan seperti saat pohon nagka berbuah banyak, dan pada saat itu nangkanya tidak sanggup untuk dimakan, maka diberikan kepada angsa angsa ini




ini kandangnya, yah dadakan membuatnya, lain kali akan diperbaiki yang lebih bagus lagi




aku menemukannya lagi di pojokan kebun, sayangnya ini sudah kedinginan, jadi terpaksa untuk dikonsumsi saja



memelihara angsa itu menyenangkan rupanya, mereka juga bisa menjadi alternatif pengganti anjing, maksud aku angsa bisa menjadi penjaga rumah yang baik. hebatnya setiap ada yang usil sekalipun kucing, angsa angsa tersebut akan mengejar ngejar. sepengetahuan aku juga, angsa itu susah di kelabui seperti anjing yang ada di china, anjing penjaga disana diberi makan racun (dipancing oleh pencurinya). tetepi angsa susah dikelabui dengan makanan, dan si angsa akan tetap ribut apabila sipencuri didekatnya. dan sekarang polisi di china menggunakan angsa sebagai hewan polisi penjaga.

nah sampai disini dulu ceritanya
terimakasih telah membaca blog aku

Tidak ada komentar:

Posting Komentar